Yogjakarta Tour

Rica Rostiati Ningrum, S.Pd ( 14 Februari 2020)

Yogyakarta merupakan suatu objek wisata yang digemari karena memiliki banyak objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan. Keindahan kota Yogyakarta telah mampu menarik banyak para pengunjung wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan wisata keindahan alam dan wisata sejarah, hal ini menjadikan kota Yogya sebagai tujuan wisata terbesar di Indonesia setelah Bali. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini, seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pendidikan.

Adapun maksud dan tujuan kami tour ke Yogyakarta untuk menambah wawasan tentang sejarah jejak peninggalan sisa harta dari letusan gunung merapi, Bungker KaliademKemudian kemudian kamipun berkunjung ke Demata, Batik Luwes, Malioboro, Lava Tour, Sentra Salak, dan Borobudur.

Pada tanggal 13-15 Desember 2019 keluarga besar SMPN 1 Soreang akan melaksanakan karya wisata ke Yogyakarta. Kami berkumpul di sekolah pukul 17.00 WIB dan berangkat sekitar pukul 17.45 WIB. Selama diperjalanan suasana di mobilpun sangat ramai dihiasi senda gurau gelak tawa serta candaan juga bernyanyi riang dengan suara yang sangat mendayu-dayu dengan alunan musik dangdut dan pop hingga susana jadi meriah. Tak terasa waktupun sudah larut malam kamipun berhenti di rest area untuk melaksanakan sholat magrib. Perjalanan dilanjutkan menuju Magelang, selama dalam perjalanan kami hanya memanfaatkan untuk beristirahat karena perjalanan dilakukan pada malam hari. Tiba diperistirahatan pada pukul 04.00 WIB untuk melaksanakan sholat subuh, dan sarapan di RM Orang Utan.

Sabtu, 14 Desember 2019 kami bersama rombongan bersiap-siap untuk mengunjungi objek wisata Demata, rekan-rekan merasa senang karena di objek tersebut teman-teman dapat berswaphoto. Setelah dari Demata kita mampir ke Batik Luwes. Kemudian perjalanan dilanjutkan untuk menuju tempat peristirahatan yaitu di hotel Grage. Pukul 14.30 WIB tiba di hotel untuk beristirahat dan menikmati jalan-jalan di Malioboro. Setelah jalan-jalan kami makan malam tepatnya pada pukul 19.00 di hotel Grage. Kemudian dilanjutkan dengan beristirahat di kamarnya masing-masing.

Minggu, 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB persiapan check out dan sarapan pagi. Menu yang dihidangkan untuk sarapan pagi sangat istimewa dengan delapan delapan menu yang dihidangkan. Setelah sarapan kami bersiap-siap menuju Lava Tour, dengan mengunjungi gunung merapi dan Offroad menggunakan mobil jeep.

Kami semua merasa sangat senang karena diawali dengan mengunjungi museum mini SISA HARTAKU yang didalamnya ada sisa-sisa berupa peralatan yang dimiliki salah seorang penduduk. Kemudian dilanjutkan ke tempat wisata batu alien berbentuk wajah manusia. Lalu terakhir dilanjutkan ke Bunker yang merupakan tempat evakuasi agar terhindar dari uap panas gunung merapi. Di lava tour kita menghabiskan waktu selama tiga jam, dilanjutkan menuju sentra salak.

Pukul 13.00 WIB istirahat melaksanakan sholat dzuhur sambil menikmati makan siang di RM Orang Utan. Rasanya tidak lengkap jika ke Yogya tidak mampir ke Borobudur. Jalan-jalan dan berbelanja dilingkungan pasar Borobudur. Waktu tak terasa sudah pukul 17.00 WIB, kamipun bersiap-siap untuk menuju pulang dan singgah di RM Grafika. Acara di Grafika diisi dengan perpisahan yang Purnabakti

Acara perpisahan sangat khidmah dan terharu diakhiri dengan hiburan bersama dengan menampilkan kreasi dari masing-masing mata pelajaran. Acara berakhir sampai pukul 23.00 WIB. Pukul 23.15-04.00 WIB menuju Tasik untuk melaksanakan sholat subuh. Alhamdulillah rombongan tiba di Bandung pada pukul 08.00 WIB dengan selamat.

Alhamdulillah kami semua telah mengunjungi dua objek unggulan yaitu Demata dan Lava Tour. Terima kasih teriring Doa jazakumulloh Khoiron Katsiron kepada Bapa H. Usman Ali, S.IP., M.Pd sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Soreang yang telah memfasilitasi kami dalam melaksanakan karya wisata ini.