Tulisan Guru

Berani Coba

Tulus Gunadi 25 Agustus 2019

Dalam hidup ini, kita selalu berhadapan dengan tantangan. Menanggapi hal itu, kita sebenarnya sudah dipersiapkan untuk menghadapinya, juga menaklukkannya. Berbagai kemampuan dan kapasitas yang bernama potensi diri sudah menyatu pada diri kita.

Jangan pernah meragukan potensi diri! Jangan pernah takut tak bisa berprestasi! Jangan pernah menyerah untuk bisa bangkit lagi! Bahkan, di tengah kelemahan yang mungkin terlihat, pasti ada suatu kemampuan yang mampu membuat kita jadi insan unggulan. Potensi inilah yang akan mengawali kita untuk berani mencoba dan berani bertindak.

Dengan berani mencoba, maka impian akan semakin dekat dengan kita. Orang yang memiliki impian namun hanya duduk berdiam diri sama halnya dengan orang-orang yang cuma pandai bermimpi dan berharap sesuatu dapat datang dengan sendirinya. Manusia yang bertipe seperti ini hanyalah orang-orang yang tak mau bekerja, tetapi ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang menipu dirinya sendiri dengan kemalasan.

Manusia yang bergerak mengejar cita-cita adalah orang-orang yang berani mencoba dan berani bertindak. Berani agar impian-impiannya dapat tercapai, juga harus tergapai. Kita mesti menyadari langkah apa yang bisa kita lakukan supaya mimpi-mimpi besar itu menjadi kenyataan. Langkah pertama jika kita seorang pelajar adalah tentu belajar dengan sungguh-sungguh. Jika hanya diam , kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Mencoba dan bertindak adalah sebuah keharusan bagi kita.

Sukses dihasilkan dari kombinasi proses mencoba, bertindak, gagal, bangkit dan terus mencoba dengan jiwa pantang menyerah. Barulah kesuksesan akan datang disaat beribu usaha telah dikerahkan. Manusia mesti berani mencoba dan berani bertindak, tanpa memedulikan kegagalan yang akan menimpa. Dengan bertindak dan mencoba dalam kehidupan nyata, kita akan memperoleh pengalaman dari proses demi proses yang dilalui. Tidak peduli kita gagal berapa kali, yang jelas kita mendapatkan pengalaman berharga yang tak pernah didapatkan orang lain yang tak berani mencoba dan tak berani bertindak. Jadi, jika tidak berani bertindak maka kita tidak akan kemana-mana. Kita tidak akan mendapatkan apa yang kita inginkan dan tidak akan mencapai target yang ditetapkan.

Beranilah mencoba dan beranilah bertindak! Jika salah melangkah, segera perbaiki. Jika salah arah, segera putar haluan. Jika berkali-kali gagal, segera bangkit lagi. Jika kita telah menemukan sesuatu yang kita cintai di kehidupan ini, perjuangkanlah dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh. Jangan pernah menjadi pecundang yang takut dengan kegagalan, tapi jadilah pemenang yang menjadikan kegagalan sebagai batu loncatan untuk menggapai kesuksesan.

Selamat berjuang para pemenang! Jika orang lain bisa, lantas kenapa kita tidak bisa? Padahal kita diciptakan sama-sama menjadi manusia!

MUHASABAH

Dra. Lilis Faridah ( Soreang, 31 Desember 2019)

Mulai intropeksi dalam hidup

Usia tak terasa dalam satu tahun

Harus ada perubahan kepada yang lebih baik

Agar hidup lebih bermakna

Supaya kelak mendapat imbalan yang berharga

Abaikan masa yang kelam

Bangkit dengan semangat yang membara

Arahkan kepada segala kebajikan

Harapan lebih baik dari tahun yang lalu

MUHASABAH

Di penghujung akhir tahun 2019

Ku goreskan tinta tuk merangkai kata demi kata

Kalimat demi kalimat, untuk mencurahkan segala isi hati

Dalam jiwa

Kurenungi masa perjalanan hidup, yang telah ku lewati

Rasanya satu tahun tak terasa, karena terlalu sibuk dengan rutinitas yang mengikat

Untuk menggapai asa dalam kehidupan

Waktu berdetik dan kian berpacu detaknya

Seiring dengan berjalannya waktu

Ku bersyukur atas segala nikmat yang telah Kau berikan

Tuhan.......

Dalam senyapku tundukkan wajah bersujud pada-Mu

Ku mohon ampun atas segala khilaf dan alfa

Atas segala dosa-dosa ku

Dosa yang awal

Dosa yang akhir

Dosa yang tampak ataupun dosa- dosa yang tersembunyi

Tuntunlah hamba-Mu yang lemah ini

Untuk selalu istiqomah dalam menjalankan perintah-Mu

Kumpulkanlah hamba-Mu ini dengan orang-orang yang sholeh

Yang selalu mendekatkan diri kepada-Mu

Berikanlah usia yang berkah

Untuk mengharap kembali kepada-Mu

Dengan Husnul Khotimah. Aamiin

( Soreang, 31 Desember 2019. Lilis Faridah)


Yogjakarta Tour

Rica Rostiati Ningrum, S.Pd ( 14 Februari 2020)

Yogyakarta merupakan suatu objek wisata yang digemari karena memiliki banyak objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan. Keindahan kota Yogyakarta telah mampu menarik banyak para pengunjung wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan wisata keindahan alam dan wisata sejarah, hal ini menjadikan kota Yogya sebagai tujuan wisata terbesar di Indonesia setelah Bali. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini, seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pendidikan.

Adapun maksud dan tujuan kami tour ke Yogyakarta untuk menambah wawasan tentang sejarah jejak peninggalan sisa harta dari letusan gunung merapi, Bungker KaliademKemudian kemudian kamipun berkunjung ke Demata, Batik Luwes, Malioboro, Lava Tour, Sentra Salak, dan Borobudur.

Pada tanggal 13-15 Desember 2019 keluarga besar SMPN 1 Soreang akan melaksanakan karya wisata ke Yogyakarta. Kami berkumpul di sekolah pukul 17.00 WIB dan berangkat sekitar pukul 17.45 WIB. Selama diperjalanan suasana di mobilpun sangat ramai dihiasi senda gurau gelak tawa serta candaan juga bernyanyi riang dengan suara yang sangat mendayu-dayu dengan alunan musik dangdut dan pop hingga susana jadi meriah. Tak terasa waktupun sudah larut malam kamipun berhenti di rest area untuk melaksanakan sholat magrib. Perjalanan dilanjutkan menuju Magelang, selama dalam perjalanan kami hanya memanfaatkan untuk beristirahat karena perjalanan dilakukan pada malam hari. Tiba diperistirahatan pada pukul 04.00 WIB untuk melaksanakan sholat subuh, dan sarapan di RM Orang Utan.

Sabtu, 14 Desember 2019 kami bersama rombongan bersiap-siap untuk mengunjungi objek wisata Demata, rekan-rekan merasa senang karena di objek tersebut teman-teman dapat berswaphoto. Setelah dari Demata kita mampir ke Batik Luwes. Kemudian perjalanan dilanjutkan untuk menuju tempat peristirahatan yaitu di hotel Grage. Pukul 14.30 WIB tiba di hotel untuk beristirahat dan menikmati jalan-jalan di Malioboro. Setelah jalan-jalan kami makan malam tepatnya pada pukul 19.00 di hotel Grage. Kemudian dilanjutkan dengan beristirahat di kamarnya masing-masing.

Minggu, 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB persiapan check out dan sarapan pagi. Menu yang dihidangkan untuk sarapan pagi sangat istimewa dengan delapan delapan menu yang dihidangkan. Setelah sarapan kami bersiap-siap menuju Lava Tour, dengan mengunjungi gunung merapi dan Offroad menggunakan mobil jeep.

Kami semua merasa sangat senang karena diawali dengan mengunjungi museum mini SISA HARTAKU yang didalamnya ada sisa-sisa berupa peralatan yang dimiliki salah seorang penduduk. Kemudian dilanjutkan ke tempat wisata batu alien berbentuk wajah manusia. Lalu terakhir dilanjutkan ke Bunker yang merupakan tempat evakuasi agar terhindar dari uap panas gunung merapi. Di lava tour kita menghabiskan waktu selama tiga jam, dilanjutkan menuju sentra salak.

Pukul 13.00 WIB istirahat melaksanakan sholat dzuhur sambil menikmati makan siang di RM Orang Utan. Rasanya tidak lengkap jika ke Yogya tidak mampir ke Borobudur. Jalan-jalan dan berbelanja dilingkungan pasar Borobudur. Waktu tak terasa sudah pukul 17.00 WIB, kamipun bersiap-siap untuk menuju pulang dan singgah di RM Grafika. Acara di Grafika diisi dengan perpisahan yang Purnabakti

Acara perpisahan sangat khidmah dan terharu diakhiri dengan hiburan bersama dengan menampilkan kreasi dari masing-masing mata pelajaran. Acara berakhir sampai pukul 23.00 WIB. Pukul 23.15-04.00 WIB menuju Tasik untuk melaksanakan sholat subuh. Alhamdulillah rombongan tiba di Bandung pada pukul 08.00 WIB dengan selamat.

Alhamdulillah kami semua telah mengunjungi dua objek unggulan yaitu Demata dan Lava Tour. Terima kasih teriring Doa jazakumulloh Khoiron Katsiron kepada Bapa H. Usman Ali, S.IP., M.Pd sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Soreang yang telah memfasilitasi kami dalam melaksanakan karya wisata ini.